Stadion Kriket Terbesar di Dunia – Daftar 10 Teratas (2021)

10 Stadion Kriket Terbesar di Dunia

Ada banyak lapangan kriket besar, tetapi hanya satu yang dapat mengklaim sebagai stadion kriket terbesar di dunia. Tempat-tempat besar ini menyelenggarakan pertandingan dari liga kriket teratas dan merupakan lokasi pilihan untuk turnamen kriket teratas juga.

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa setiap stadion dalam daftar stadion kriket terbesar di dunia ada di India atau Australia. Kami telah menemukan 10 terbesar berdasarkan kapasitas maksimumnya.

Stadion Narendra Modi, India

Awalnya dibangun pada tahun 1983 tetapi diperbaharui pada tahun 2006, Stadion Narendra Modi adalah stadion kriket terbesar di dunia dengan pemandangan yang mengerikan. kapasitas dari 132.000. Dengan kapasitas 50%, Stadion Narendra Modi masih lebih besar dari kebanyakan lapangan kriket di dunia. Meskipun kapasitasnya sangat besar, stadion belum benar-benar mengisi semua kursi untuk pertandingan kriket – meskipun 100.000 orang hadir Kunjungan perdana Donald Trump sebagai presiden AS pada tahun 2020.

Kehadiran kriket di Stadion Narendra Modi adalah 66.000 selama T20I 14 Maret antara India dan Inggris. Pemukul besar India Barat Chris Gayle telah mencetak rekor ODI terbanyak di stadion kriket terbesar di dunia – 316 run – dan wicket ketiga dengan 6 pole.

Ini juga merupakan lokasi dari dua ton ganda pertama dengan pemain hebat India Sachin Tendulkar mencapai abad ganda pertamanya pada tahun 1999 dan AB de Villiers dari Afrika Selatan mencatatkan ton ganda pertamanya pada tahun 2008.

Lapangan Kriket Melbourne, Australia

Dengan maksimal kapasitas dari 100.024, Melbourne Cricket Ground, atau “G”, nyaris menjadi stadion kriket terbesar di dunia – bahkan menempati peringkat ke-2. Namun, G dapat mengklaim telah melihat kerumunan terbesar dalam sejarah kriket. Total kehadiran tertinggi untuk pertandingan kriket di MCG adalah 93.013 – di final Piala Dunia 2015 – dan penonton terbesar untuk satu hari di pertandingan Uji adalah 91.112. Bahkan, MCG bahkan memiliki kehadiran tertinggi untuk pertandingan domestik yaitu 80.883.

Jadi, sementara Stadion Narendra Modi adalah stadion kriket terbesar di dunia, MCG memiliki jumlah penonton terbesar.

Meskipun menjadi tuan rumah dari salah satu pertandingan Tes yang paling banyak ditonton tahun ini – Tes hari tinju – ini adalah situs pertandingan Tes pertama dan One Day International – bermain antara Australia dan Inggris dan masing-masing diadakan pada tahun 1877 dan 1971. Oleh karena itu, MCG merupakan landasan penting dalam sejarah kriket internasional.

Taman Eden, India

Didirikan pada tahun 1864, Eden Gardens adalah stadion kriket tertua di India dan stadion kriket terbesar ketiga di dunia. Dengan kapasitas dari 80.000 dan outfield yang cepat – bisa dibilang tercepat di dunia – Eden Gardens sering disebut sebagai rumah kriket di India. Narendra Modi mungkin merupakan stadion terbesar di dunia, tetapi hanya Taman Eden yang dikenal sebagai “Mekah Kriket India“.

Eden Gardens mungkin memegang rekor kehadiran total tertinggi dari setiap pertandingan Uji. Pada tahun 1999, diperkirakan bahwa 465.000 orang menghadiri stadion selama 5 hari. Kapasitas pada saat itu adalah 66.000, yang berarti stadion pasti memiliki lebih dari penonton, kemungkinan lebih dari 100.000 masing-masing dari empat hari pertama.

Stadion Kriket Internasional Shaheed Veer Narayan Singh, India

Dengan perkiraan tempat duduk kapasitas dari 65.000, Stadion Kriket Internasional Shaheed Veer Narayan Singh adalah stadion kriket terbesar keempat di dunia, dan mereka yang menjadi penggemar Taruhan IPL online akan tahu itu sebagai tempat rumah bagi Delhi Daredevils.

Tanah ini terkenal dengan kondisi lapangan serba bisa yang menawarkan sesuatu untuk setiap jenis bowler sementara juga memberikan total tinggi dengan kelelawar.

Stadion Perth, Australia

Stadion serba guna ini memiliki kapasitas tempat duduk yang hampir sama dengan Stadion Kriket Internasional Shaheed Veer Narayan Singh, tetapi tidak saat kriket dinyalakan. Ketika stadion ini diatur ke oval, 65.000 kapasitas dikurangi menjadi 61.266. Pertama kali dibuka pada tahun 2017, Stadion Perth digunakan untuk pertandingan ODI, Twenty20, Test dan merupakan markas Perth Scorchers di Australia Liga Bash Besar.

Sama seperti stadion paling terkenal di Australia Barat – WACA – Stadion Perth juga dikenal dengan gawang yang cepat dan melenting yang memberikan pukulan besar dan mendukung bowler yang lebih cepat.

Setengah dari lapangan kriket dengan kerumunan yang penuh sesak dan tali pembatas
(Gambar|Hari Terbuka Stadion Perth|© Evad37| Lisensi CC)

Adelaide Oval, Australia

Terletak di Australia selatan, stadion ini adalah salah satu lapangan kriket tertua di dunia, menjadi tuan rumah pertandingan kriket internasional sejak 1884. Terlepas dari usia tempat tersebut, lapangan itu pasti dibangun besar dan menampung 55.583 penonton maksimal kapasitas. Selama seri Ashes 2017/18, Adelaide Oval melihat kehadiran 55.317 orang.

Adelaide Oval menampilkan drop-in pitch yang menghasilkan gawang yang lebih seimbang.

Stadion Kriket Internasional Rajiv Gandhi, India

Stadion kriket terbesar keenam dunia kami didirikan pada tahun 2003 dan hanya menjadi tuan rumah beberapa pertandingan internasional. Namun, Sunrisers Hyderabad menyebutnya 55.000-kapasitas stadion rumah. NS Stadion Kriket Internasional Rajiv Gandhi terkenal dengan lintasan datarnya yang memungkinkan pukulan eksplosif, dan pada tahun 2019 stadion ini dinobatkan sebagai ground and pitch terbaik di IPL.

Stadion Internasional Greenfield, India

Juga dikenal sebagai The Sports Hub atau Trivandrum, Greenfield International kurang dari setengahnya kapasitas stadion kriket terbesar di dunia dengan tempat duduk maksimum 55.000. Greenfield adalah stadion ramah lingkungan pertama di India dan bahkan memiliki fasilitas pemanenan air hujan sendiri. Betapa menakjubkannya itu!

Stadion Internasional Greenfield, India
(Gambar|Stadion Internasional Greenfield Kerala|© Wikimedia| Lisensi CC)

Stadion M.A Chidambaram, India

Salah satu stadion tertua di India dengan banyak sejarah, M. A Chidambaram Stadium berada di urutan ke-9 dalam daftar stadion kriket terbesar di dunia dengan jumlah maksimum kapasitas 50.000. Gawang di stadion ini kering, keras, dan Anda tidak akan pernah melihat hijau. Ini sering dianggap sebagai gawang pemintal karena gawang kering rusak pada babak ketiga.

India meraih kemenangan pertandingan Uji pertama mereka di stadion ini, Sachin Tendulkar mencetak lebih banyak run di sini daripada di venue India lainnya, dan pertandingan Uji imbang ke-2 terjadi di sini pada tahun 1986.

MA Chidambaram di malam hari
(Gambar|Trofi Penantang Stadion MA Chidambaram 2006|© SriniG| Lisensi CC)

Stadion Internasional JSCA, India

Entri terakhir kami dapat ditemukan di Ranchi, India. Stadion Kriket Internasional Jharkhand States Cricket Association (JSCA) memiliki kapasitas 50.000 dengan 40.000 kursi dan 76 kotak perusahaan. Meskipun biasa di stadion kriket Inggris dan Australia, JSCA adalah satu-satunya stadion di India yang menampilkan perbukitan.

JSCA adalah lapangan besar dengan gawang pemintal khas India, jadi skor T20 yang lebih rendah sekitar 150 bisa sangat kompetitif.

Stadion Internasional JSCA, kapasitas penuh
(Gambar|Stadion Kriket Internasional di Ranchi.|©Akash Guruji| Lisensi CC)

Author: info

Leave a Reply

Your email address will not be published.